Halaman

Kamis, 23 Februari 2012

Cara Membuat Empek-empek Khas Palembang

saat kami baru menetap & tinggal di Tanah harapan (salah satu kota di kep.Bangka Belitung). Kami sangat takjub dengan kesukaan orang asli bangka yg gemar makan ikan. jadi tanpa perlu gembar gembor mempromosikan gemari (gerakan gemar makan ikan), disana sudah sejak dari jaman dahulu kalao hobby mengkonsumsi ikan, terutama ikan lautnya.

bahkan saat di pasar, bawaan ibu2 yg terlihat & banyak adalah ikan, ikan & ikan..sampai2 ada yg bilang klo badan rasanya sakit semua kalo sehari ndhak makan ikan...hidup ikan...hehehe...

alhasil, akhirnya kita juga ikut-ikutan jadi suka & cinta sama ikan...apalagi olahan dari ikan, seperti empek-empek, otak-otak (faforitnya aji) dan olahan lainnya yg berbau ikan. jika kita selalu beli, pastilah berat diongkos..makanya saya mencoba membuat empek-empek sendiri dengan hunting info dari internet..dan hasilnya...Alhamdulillah, uenaaak rek...bisa hemat biaya&bisa buat oleh2 tuk keluarga/saudara dg 'made' in sendiri...

Kali ini saya akan menyajikan resep masakan yaitu cara membuat empek-empek. Sebelum saya sajikan resep masakan tersebut, ada baiknya kita mengenal asal-usul makanan enak yang satu ini. Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar dari ikan dan sagu. Sebenarnya sangat sulit untuk mengatakan bahwa empek2 pusatnya adalah Palembang, karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Terlebih lagi di daerah kami (kep.bangka belitung) sangat mudah dijumpai pedagang yang menjual empek-empek.

Penyajian empek-empek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan dan ada juga yang berwarna merah, dimana saus ini disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah empek-empek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu mentimun segar dan mie kuning.

Jenis empek-empek yang terkenal adalah empek-empek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan empek-empek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti empek-empek lenjer, empek-empek bulat seperti bakso, empek-empek kulit ikan, dsb.

Empek-empek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero kota di bangka belitung. Empek-empek dijual dimana-mana, ada yang menjual di restoran, ada yang dipinggir jalan, di teras rumah, di sekolah-sekolah ada yang dijual dengan naik sepeda motor, sepeda roda dua dan juga ada yang dipikul.

ini dia resep empek-empek nya:

Bahan :
500 gr ikan tenggiri
250 gr sagu putih
3/4 gelas air
garam secukupnya
1 siung bawang putih

Cara membuat empek-empek:
  • keluarkan ikan dari kulkas dan bersihkan ikan dari sisik dan isi perutnya.
  • belah menjadi 2 bagian dan bersihkan juga tulang tengahnya
  • bersihkan juga tulang ikan yang kecil kecil sambil dikikis dengan garpu
  • Setelah kulit ikan bersih, haluskan daging ikan,
  • campurkan air, garam dan daging halus hingga rata
  • masukkan tepung sagu dan campurkan secukupnya.
  • ketika mengaduk tepung sagu, masukkan sedikit demi sedikit dan secukupnya karena jika kebanyakan empek-empek yang dihasilkan akan melar dan keras.
  • bentuk adonan seperti bola, lenjer, dsb sesuai selera.
  • Untuk membentuk empek-empek:
-       siapkan wadah datar cukup luas, taburi dengan tepung tapioka.
-       sendokkan adonan di atasnya, bentuk adonan bulat panjang untuk bentuk lenjer.
-       untuk empek-empek kapal selam, tinggal potong dari bentuk lenjer tadi, pegang dg tangan kiri, tegakkan, buat lubang dengan menggunakan jempol tangan kanan dibantu dengan jari-jari lainnya, lalu isikan 1 sdt kocokan telur (agar saat ditutup telur tidak meluap keluar karena kepenuhan), tutup lubang dengan merapatkan sisi-sisi lubang tadi dalam bentuk satu garis (sesuai bentuk kapal selam).
  • masukkan empek-empek yg sudah di bentuk ke dalam panci yg airnya sudah mendidih
  • jika empek-empek sudah mengapung, itu pertanda kalo sudah matang
  • tiriskan empek-empek.
  • setelah itu goreng hinga berwarna kecoklatan.
  • dalam penyajian dapat anda tambahkan cuka dan mie soun atau mie kuning
 Cara membuat kuah empek-empek:
Bahan:
·         200 gr gula aren
·         600 ml air
·         25 gr asam jawa
·         3 buah cabe rawit merah
·         3 buah cabe merah keriting
·         5 buah cabe rawit (sesuai selera)
·         5 siung bawang putih
·         2 sdm kecap manis (jk ingin cuko berwarna hitam kecoklatan)
·         1/2 sdt garam
·         Cuka secukupnya
Semua bahan kuah disatukan lalu gerus sampai halus, tuangi dengan 1 mangkok air matang. setelah itu bubuhi dengan larutan cuka secukupnya. Rasa kuah harus asin, asam, manis dan pedas. Bila ingin kuahnya berwarna agak kecoklatan, bubuhi dengan 1-2 sendok kecap, aduk hingga merata. Kuah bias diberi irisan dadu mentimun dg ukuran kecil-kecil.

Cara penyajian empek empek:
-       Empek-empek yang telah direbus haruslah di goreng dengan minyak panas.
-       Untuk empek-empek lenjer bias dipotong dahulu, baru di goreng atau di goreng terlebih dulu, baru dipotong-potong (sesuai selera kita).
-       Kemudian empek-empek letakkan dipiring dan siram dengan air kuah cuko yang telah dibuat.
-       Sebagai pelengkap bisa ditambahkan mentimun yang telah diiris tipis, kol segar yang diiris halus atau pun mie kuning.
-       Jangan lupa taburkan sedikit bawang goreng agar lebih sedap & nikmat

TIPS:
-       di pasar ikan biasanya mudah dijumpai pedagang daging ikan giling, jadi lebih efisian & ndak ribet.
-       Agar saat dibentuk empek-empek tidak lengket ditangan, maka bubuhi tangan dg tepung tapioka.
-       kita bisa mengisi empek-empek lenjer dengan sosis..dijamin akan lebih bagus tampilan empek-empeknya saat dipotong-potong dan yg pasti untuk si buah hati akan lebih bergizi & meningkatkan nafsu makannya.

Selamat mencoba yaa..
Senyum semangat for & b’cz ALLOH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar